Wall Street (REUTERS/Lucas Jackson)
New York (ANTARA News) - Bursa saham Wall Street ditutup lebih rendah pada Kamis (Jumat pagi WIB), tertekan kekhawatiran "jurang fiskal" AS yang dibayangi sejumlah data ekonomi agak positif pada pekerjaan, penjualan ritel dan inflasi.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 74,73 poin atau 0,56 persen menjadi 13.170,72, lapor AFP.

Indikator pasar lebih luas S&P 500 mundur 9,03 poin atau 0,63 persen menjadi 1.419,45, setelah enam hari menguat, sementara indeks komposit Nasdaq turun 21,65 poin atau 0,72 persen menjadi 2.992,16.

Indeks menghabiskan sebagian besar hari di wilayah negatif, di tengah kekhawatiran tentang jurang fiskal dari kenaikan tajam pajak dan pemotongan pengeluaran yang akan mulai berlaku 1 Januari, kecuali tercapai kompromi politik.

Tetapi saham-saham mengupas penurunannya dalam jam terakhir perdagangan, setelah laporan media mengatakan, Presiden Barack Obama dan Ketua DPR John Boehner dari Partai Republik akan bertemu di Gedung Putih dalam upaya untuk memecahkan kebuntuan.

Sprint Nextel, operator nirkabel terbesar ketiga AS, tergelincir 0,4 persen setelah mengumumkan sebuah tawaran untuk membeli sahamnya yang dimiliki Clearwire. Clearwire naik 14,9 persen.

Apple jatuh 1,7 persen setelah Google Maps kembali ke iPhone, yang memungkinkan pengguna untuk mengganti program peta Apple yang banyak kesalahan. Google naik 0,7 persen.

Peritel elektronik yang sedang kesulitan Best Buy melonjak 15,9 persen. Pendirinya, Richard Schulze akan mencoba untuk mengambil perusahaan swasta itu pada Sabtu, Minneapolis Star-Tribune melaporkan, mengutip sumber yang tak diindentifikasi.

Research in Motion bertambah 4,1 persen setelah mengumumkan bahwa lembaga Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai AS akan menguji BlackBerry 10 barunya, yang akan diluncurkan 30 Januari -- setelah lembaga itu menjatuhkan ponsel BlackBerry untuk iPhone Apple pada November.

Perusahaan panel surya SolarCity naik 47,4 persen menjadi 11,79 dolar AS dalam debutnya di pasar. Penawaran umum perdana saham ini dihargakan pada 8,00 dolar AS.

Caterpillar naik 0,5 persen setelah mengumumkan, pihaknya akan mempercepat pembayaran dividennya menjadi bulan ini, tindakan terbaru yang diambil perusahaan untuk melindungi pemegang sahamnya terhadap kenaikan pajak 2013.

Harga obligasi bervariasi. Imbal hasil obligasi negara 10-tahun AS naik menjadi 1,73 persen dari 1,70 persen pada akhir Rabu, sedangkan pada obligasi 30-tahun tidak berubah pada 2,90 persen.

Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik. (Antara)